Sabtu, 17 Desember 2011

Aneka Cetakan Kue

Begitu banyak cetakan kue yang dijual di pasaran. Dan biasanya yang sudah terkenal dengan kualitasnya adalah cetakan yang berasal dari Surabaya dan Yogyakarta. Sedangkan untuk cetakan yang menggunakan teflon, sudah banyak juga jenisnya dan kami yakin Anda pun sudah dapat memilihnya dengan baik.

Berikut beberapa cetakan yang sempat digunakan oleh Dapur Cantik di dalam menyajikan resep-resepnya :
  1. Cetakan Kue Cubit

  2. Cetakan Kue Cubit
    Cetakan ini kami beli di pasar Kosambi, Bandung buatan Yogyakarta. Ada 3 macam ukuran, kami memilih yang kecilnya saja, biar tidak repot. Tanpa sengaja, saat membeli kue cubit, diberitahu oleh tukang jualannya, ada alat khusus untuk mengeluarkan kue cubit dari cetakannya. Seperti yang dapat dilihat pada gambar, bentuknya seperti jari yang ingin mencubit kan? Itulah kenapa dinamakan kue cubit he he :D.

  3. Cetakan Crepe

  4. Cetakan Crepe
    Cetakan ini dibeli di Carrefour, Soekarno Hatta, Bandung. Kebetulan sekali karena di cetakannya tergantung resep-resep crepe dan pancake. Ternyata bisa juga digunakan untuk pancake yang agak besar dan tipis (kami kurang suka dengan bentuk pancake seperti ini).

  5. Cetakan Pancake

  6. Cetakan Pancake
    Cetakan ini sebenarnya bisa juga dipakai untuk menggoreng telur mata sapi, pas sekali ukurannya. Tapi bisa juga digunakan untuk membuat pancake yang bulat kecil dan berisi (baca: agak gemuk).

  7. Sendok pipih dan tipis

  8. Sendok pipih dan tipis
    Kami kurang tahu namanya apa, tapi yang pasti sendok ini digunakan untuk mengeluarkan kue pancake atau crepe dari cetakannya.

  9. Cetakan Kue Pukis

  10. Cetakan Kue Pukis
    Cetakan Kue Pukis ini dibeli di Pasar Kosambi, buatan Suarabaya, sehingga harganya seidkit mahal dan agak berat cetakannya. Cetakan ini sudah dilengkapi dengan tutupnya, tidak seperti cetakan kue cubit yang jika kita ingin ada tutupnya harus memesan dulu.

  11. Cetakan Puding

  12. Cetakan Puding Bertutup
    Cetakan puding bertutup ini dapat dibeli di toko-toko kue. Dengan adanya tutup ini, puding yang disimpan di dalam kulkas tidak akan mengecil (baca: kisut). Dan juga aromanya tidak akan berbaur dengan yang lainnya.

  13. Cetakan Serabi

  14. Cetakan Serabi
    Bentuk cetakannya mirip dengan cetakan kue waffle tapi hanya sebelah. Karena serabi yang dimasaknya satu per satu maka proses pembuatan serabi menggunakan cetakan ini memakan waktu lama. Namun ukuran yang didapatkan menjadi pas, tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar.

  15. Cetakan Pie

  16. Cetakan Pie
    Cetakan pie yang kami gunakan adalah berdiameter 16 cm, memiliki bagian dasar bawah yang bisa dilepas sehingga memudahkan proses pengeluaran pie setelah matang yaitu cukup dengan mendorong bagian bawah dasar cetakan yang ada bulatan di tengahnya dan pie pun keluar dengan sempurna.

  17. Cetakan Telur

  18. Cetakan Telur
    Cetakan telur ini sudah banyak dijual di supermarket terkemuka di kota Anda. Dapur Cantik dulu mendapatkannya pertama kali saat jalan-jalan ke Medan pada tahun 1999, jadi sudah agak kurang bagus penampilannya. Dengan cetakan telur ini, jadi lebih mudah untuk memotong telur dan hasilnya lebih rapi juga cantik.

  19. Cetakan Kue Lidah Kucing

  20. Cetakan Kue Lidah Kucing
    Cetakan kue lidah kucing ini banyak dijual di pasaran. Lekukan cetakannya tidak terlalu dalam karena bentuk kuenya yang memang pipih. Gunakan jumlah cetakan yang agak banyak saat membuat kue ini, minimal 4 buah. Dan gunakan api yang kecil saat memanggangnya.

Posting Cetakan Kue ini akan terus bertambah seiring resep yang dimasak oleh kami jika menggunakan cetakan lagi.

Sumber : http://dapur-cantik.blogspot.com/2007/09/cetakan-kue.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar